Skip to content
pria asia dengan rambut panjang dan model rambut man bun

Fitur

Mau Gondrong? Ini Cara Memanjangkan Rambut Pria dengan Cepat

Bagi sebagian pria, punya rambut panjang kayak suaminya Tara Basro tuh keren banget. Ini cara memanjangkan rambut pria yang paling efisien dan cepat!

Kalau lo mencari cara memanjangkan rambut rambut pria di Google, mungkin lo akan menemukan banyak rekomendasi minyak penumbuh rambut serta suplemen yang menjanjikan hasil cepat.

Beberapa mungkin benar adanya, tapi kebanyakan hanya marketing scam aja, bro! Sebenarnya yang membantu numbuhin rambut gondrong pria adalah pola makan sehat, pola hidup sehat, dan perawatan rambut yang benar. Tapi, pernah nggak sih lo kepikiran gimana cowok lain bisa menumbuhkan rambutnya lebih cepat dari cowok kebanyakan?

Itu karena ada trik dan tipsnya, bro! Makanya jangan buru-buru tergiur promo ‘minyak ajaib’ dulu ya. AXE bakal kasih tau cara memanjangkan rambut pria dengan cepat dan mudah, tanpa tipu-tipu!

1. Rajin Keramas

pria kaukasia dengan rambut panjang sebahu

Rambut sehat lebih cepat panjangnya, bro. (Foto: Shutterstock.com)

Sering pake produk rambut kayak pomade atau wax? Kalo gitu nggak ada alasan buat lo untuk skip keramas. Keramas itu nggak hanya membersihkan batang rambut tapi juga membersihkan kulit kepala. Kalo kulit kepala lo bermasalah atau mengalami penumpukan produk, dijamin rambut jadi susah tumbuhnya.

Pastiin lo keramas setiap beraktivitas yang berat atau menggunakan produk dengan heavy pada batang rambut lo. Biar lebih aman, lo bisa gunain Axe Ice Chill Pomade yang punya formula ringan, gampang dibilas, dan nggak mudah numpuk di kulit kepala. Sensasi dinginnya bisa bikin lo makin chill dalam menjalani hari!

2. Gunakan Handuk Khusus

Biasanya, pertumbuhan rambut panjang didukung oleh batang rambut yang kuat dan nggak mudah rontok. Kebiasaan lo dalam menggosok rambut dengan keras bisa bikin rambut jadi rontok. Kalo terus-terusan rontok, jadi lama panjangnya bro!

Kalo lo punya rambut yang rapuh, lo bisa skip pake handuk biasa untuk keringin rambut. Pakai handuk microfiber atau kaus yang udah nggak dipake lagi. Bahan-bahan ini aman dipakai karena nggak akan ngerusak kutikula rambut.

3. Perbanyak Makan Protein

Apakah lo tau kalo komponen batang rambut manusia hampir 90% terdiri dari keratin, atau dead protein? Protein berguna untuk melindungi rambut untuk melapisi folikel rambut. Mulai dari kulit kepala, batang rambut, semuanya butuh asupan protein yang cukup.

Kalo lo kekurangan protein? Rambut bakal rontok. Itulah kenapa orang-orang yang ngelakuin diet ekstrem seringkali mengalami rambut rontok.

Nah, untuk bisa bantuk numbuhin rambut gondrong pria, lo wajib konsumsi makanan yang mengandung protein, omega-3, dan vitamin D. Coba deh konsumsi dada ayam, ikan, atau daging sapi rendah lemak. Kalo lo vegan, perbanyak konsumsi tempe, tahu, dan kacang-kacangan seperti almond, edamame, dan kacang polong.

4. Olahraga Teratur

pria asia dengan rambut man bun

Minyak alami seperti kemiri bisa lo andalkan. (Foto: Shutterstock.com)

Seperti yang udah dijelaskan di awal, cara memanjangkan rambut pria dengan cepat adalah dengan berolahraga. Apa sih pengaruhnya?

Dengan berolahraga, lo bisa mempercepat metabolisme tubuh lo sehingga regenerasi sel juga jadi lebih cepat. Olahraga juga bikin peredaran darah lo lancer sehingga folikel rambut cukup ternutrisi karena suplai oksigen tercukupi.

5. Pakai Minyak Kemiri

Lo pasti pernah denger deh manfaat minyak yang satu ini? Khasiatnya untuk merangsang pertumbuhan rambut emang terkenal banget, sehingga orang tua zaman dulu sering mengoleskan minyak kemiri di kulit kepala bayi.

Minyak ini bukan minyak ajaib yang menjanjikan rambut tumbuh cepat dengan pesat ya. Tapi lo bisa andalkan buat menjaga kekuatan batang rambut, supaya rambut lo nggak mudah patah atau rontok.

Cara pakainya, campur sedikit minyak kemiri dengan aloe vera gel, terus gunain sebagai masker rambut. Diemin selama 30 menit sebelum dibilas dengan sampo. Cukup lakuin seminggu sekali untuk rambut lebih tebal dan subur!

6. Fokus ke Bagian Atas Rambut

Bagian atas rambut (daerah crown) lebih lama panjangnya dibandingkan bagian samping dan bawah. Tentu karena posisinya di atas. Untuk dapetin rambut gondrong, lo bisa skip potong bagian atas rambut dan kasih undercut di bagian samping dan belakang.

Fokus rawat bagian rambut yang panjang ini, karena bagian ini adalah bagian yang cukup lama tumbuhnya. Kuncinya sabar dan selalu usaha, bro!

7. Nikmatin Fase ‘Nanggung’

Justin Bieber dengan rambut panjang

Atasi fase nanggung dengan pake aksesori seperti topi atau headband. (Foto: Shutterstock.com)

Yang paling bikin gerah dalam nungguin rambut gondrong pria tumbuh adalah fase ‘nanggung’ serba awkward ini!

Tahan-tahanin deh untuk potong rambut! Kalo pun perlu ngerapiin, cukup potong ujung rambutnya yang bercabang aja. Sementara nunggu panjang, coba beli beberapa karet rambut, topi atau headband keren.

Kalo udah mulai panjang, lo bisa menatanya dalam gaya man bun, half bun, atau bahkan kuncir ekor kuda. Pake headband sporty berbahan karet juga bisa bantu menyingkirkan rambut yang memanjang di bagian depan.

pria dengan rambut sedang menggunakan bandana

Semoga tips dan cara memanjangkan rambut pria ini bisa lo andalkan untuk dapetin gaya rambut ideal lo!