Skip to content
pria asia berkacamata sedang bermain game dari smartphone

Fitur

7 Game Nomor 1 di Indonesia, Ada Favorit Lo?

Ada banyak game bagus dan populer yang bisa coba untuk killing time. Nih, rekomendasinya!

Axe yakin, isi smartphone lo pasti dipenuhi sama deretan game favorit. Tapi, yang namanya manusia, suatu saat pasti akan dilanda kebosanan karena main game yang itu-itu terus. Nah, daripada lo install-coba-uninstall berkali-kali demi menemukan game yang sreg di hati, mending lo cek rekomendasi Axe berikut ini. Ada beberapa game nomor 1 di Indonesia yang sudah Axe kumpulkan berdasarkan popularitas alias yang sering didownload. Perlu diingat, game rekomendasi ini bukan game offline ya, jadi lo mesti siapin kuota yang cukup. Oke, let’s cekidot!

(Foto: Shutterstock.com)

pria sedang memainkan game mobile legends bang bang di smartphone
  1. Higgs Domino Island-Gaple QiuQiu Poker Online Game
    Yep, lo nggak salah liat. Posisi pertama di Top Free di Google Play ternyata diambil oleh domino alias game gaple bro. Game ini juga bisa lo mainkan di iOS. Eits, jangan langsung mengasumsikan kalau domino itu cuma dimainin sama bapak-bapak ronda aja atau identik dengan judi. Salah satu manfaat main game domino itu adalah bisa mengasah kemampuan berhitung dan mengurangi risiko kegagalan. Lo juga perlu mikirin dan mengatur strategi untuk mengalahkan lawan.

    Yang bikin Higgs Domino Island masuk jadi salah satu game nomor 1 di Indonesia versi Axe adalah Pilihan untuk main gratis atau berbayar. Karena bisa top-up dan menggunakan uang beneran, ya otomatis game ini bisa menghasilkan uang banyak kalau lo menang dan dapat jackpot! Nggak heran, kalau game ini jadi banyak di-download. Tapi inget, lo nggak perlu ngabisin duit untuk top up ya bro. Namanya juga game, dibawa enjoy aja.
  2. Minecraft
    Game simulasi besutan developer Mojang ini nggak bosen-bosennya nangkring di peringkat teratas. Udah di-download hingga lebih dari 10 juta kali, game ini pertama kali dirilis tahun 2009 (yep, lawas banget) dan bisa diakses di berbagai platform. Minecraft bisa dimainkan di Windows, MacOS, PlayStation, XBox, Nintendo Switch, Android, iOS, bahkan Kindle segala. Biarpun dirilis udah lama banget, game ini selalu di-update. Faktor ini nih yang bikin penggemarnya betah dan nambah terus. Sebagai catatan, Minecraft berhasil meraih rekor penjualan sebesar lebih dari 200 juta copy per tahun lalu. Active user untuk game ini juga mencapai 126 juta ID dari seluruh dunia per tahun lalu.

    Banyak yang bilang kalau salah satu game nomor 1 di Indonesia versi Axe ini bisa mengasah kreativitas dan imajinasi. Permainan blok a la Lego atau game kotak-kotak ini membuat lo bisa membangun dunia sendiri, sesuai dengan yang lo mau. Bisa kenalan juga dengan user lainnya. Udah bikin lo penasaran belum nih?
  3. Mobile Legends: Bang Bang
    Nggak usah heran kalau ada game MOBA di daftar ini. Mobile Legends: Bang Bang adalah salah satu game MOBA 5v5 paling populer di Indonesia. Ada banyak tim eSport di Indonesia yang fokusnya main di MLBB. Turnamen lokal dan internasionalnya juga sering diadain, Apakah lo juga mantengin turnamen di tiap season? Berdasarkan testimoni, MLBB cukup asyik dimainkan karena grafik yang enak dilihat dan gameplay yang nggak ngeribetin. Singkat kata, newbie pun bisa langsung paham cara mainnya. Pilihan hero ada banyak (ada hero khas Indonesia juga) dan pilihan berantemnya juga banyak. Lo bisa main di Classic, Ranked, Brawl, Custom, atau Arcade. MLBB juga sering berkolaborasi untuk bikin event atau skin unik, misalnya Transformers atau Star Wars!
  4. RFS - Real Flight Simulator
    Percaya apa nggak, game simulasi berbayar ini juga termasuk populer di Google Play atau App Store. Harganya emang ‘cuma’ 5 ribu Rupiah (kalau lagi promo), tapi gaming experience-nya mantep banget bro. RFS menyajikan simulasi pilot yang mendekati keaslian saat menerbangkan pesawat. Ini juga Didukung dengan grafik yang oke dan gameplay yang apik. Daftar bandara dan pesawat pilihannya lengkap, landasan pesawatnya bagus, visual bangunan terasa nyata, begitu juga dengan prosedur penerbangan dan lalu lintas udara yang dirancang seolah beneran. Game ini juga memungkinkan lo chat dengan pilot lain dan main dengan mode multiplayer. Nggak cuma itu, lo juga bisa mengatur sendiri jadwal penerbangan dan berkomunikasi dengan staf menara kontrol.

    Makin terasa real, lo juga akan ditantang untuk bawa pesawat dengan cuaca buruk dan kegagalan teknis yang berpotensi bikin kecelakaan!
  5. Garena Free Fire
    Nah, survival shooter game atau permainan tembak-tembakan juga cukup populer di tanah air. Salah satu buktinya adalah game ini yang masuk dalam Top 10 Free Games di Android dan iOS. Mungkin lo juga salah satu player-nya, hehe. Konsepnya simpel, lo akan diterjunkan ke sebuah lokasi Bersama 49 pemain lain dan harus bertahan hidup selama 10 menit. Ketika pertama mulai, lo bisa memilih lokasi pendaratan sendiri. Kalau mau cari aman, lo bisa nangkring di safe zone selama mungkin.

    Kalau lo suka eksplorasi dan kompetisi, silakan jalan-jalan dan kumpulkan senjata sebanyak mungkin. Nggak perlu takut kehabisan waktu, karena lo juga bisa menemukan kendaraan untuk berkelana ke tiap sudut map. Untuk bertahan, kuy habisi pemain lain! Untuk menyergap pemain lain, lo bisa sembunyi di balik pohon atau di antara rerumputan. Bisa pakai senapan atau lempar granat. Yah, yang penting lo survive deh!

    Supaya lo lebih chill dan nggak waswas selama main, semprotin juga Axe Ice Chill Deodorant Bodyspray. Wanginya yang fresh dan formulanya yang bisa nurunin suhu tubuh sampe 10 derajat ini bisa bikin lo lebih kalem bro. Kalaupun lo dikejar-kejar pemain lain dan jadi keringetan, wangi deodorant body spray ini nggak bakal berubah aneh. Formulanya emang dirancang untuk menghindarkan lo dari bau keringet nyampur yang khas kalau lo biasa pakai cologne.
  6. Grand Theft Auto: San Andreas
    Yang suka kebut-kebutan, selamat! Berkat lo, game action adventure ini masuk dalam daftar Top 10 Paid Games di Android dan iOS. Game buatan developer Rockstar Games ini emang bikin nagih sih, meski udah dirilis cukup lama. Aslinya, Grand Theft Auto (GTA): San Andreas ini ditujukan untuk PlayStation 2 dan xBox di tahun 2004. Sejak saat itu, game ini dirilis di berbagai platform, termasuk mobile. Ajaibnya, game ini masih populer sampai sekarang walaupun udah ada seri GTA terbaru yang rilis di 2021.

    Menurut Axe, kekuatan game ini ada pada ukuran file yang ringan, plot yang asyik dan nggak ngebosenin, musik yang oke, bisa bikin karakter sendiri (termasuk pilih bentuk muka dan gaya rambut), kebebasan untuk coba berbagai mobil supercepat, keleluasaan untuk eksplorasi tiap sudut kota (Los Angeles, San Fransisco, dan Las Vegas), serta bisa mencoba ribuan mods yang bebas untuk di-download. Kalau mau lebih seru, coba download mods dari Indonesia yang bikin sensasi kebut-kebutan lo jadi lokal banget!
  7. Genshin Impact
    Game MMORPG juga masuk daftar game nomor 1 di Indonesia versi Axe. Meski tergolong baru, game buatan developer miHoYo ini langsung populer dan ada di mana-mana. Game online ini bisa dimainkan di Android, iOS, PlayStation 4, dan juga jadi game online untuk PC. Terus, apa sih yang bikin game ini jadi viral dan mendulang pendapatan yang besar?

    Jawabannya banyak, hehe. Pertama, kualitas grafiknya yang sedep bener. Apalagi kalau main pakai gaming smartpone semacam Asus ROG atau Xiaomi Black Shark, tampilannya jadi seperti main game di konsol! Untuk lo yang udah biasa main RPG, lo bakal terbiasa dengan battle dan control yang ada di game ini. Buat yang baru main, mesti adaptasi dulu ya bro. Lalu, ada sistem gacha untuk mendapatkan karakter dan senjata. Lo bisa dapat gacha ini secara gratis dengan rajin main dan farming tiap hari. Namun, kalau lo nggak sabaran, gacha bisa didapat dengan top up pakai uang lo beneran. Meski begitu, main dengan gacha gratisan juga seru kok. Sebagai developer, miHoYo nggak bikin pemain gratisan ‘tersiksa’.

    Yang terakhir, ada menu dan subtitle Bahasa Indonesia bro. Berguna banget nih untuk lo yang nggak begitu mahir berbahasa Inggris, jadi lo tetep bisa mengikuti alur cerita game ini dengan lengkap. Gimana, mau download sekarang juga nggak?

Oke, dari sekian banyak game nomor 1 di Indonesia rekomendasi Axe, mana yang belum pernah lo  mainkan?