Skip to content
pria sedang bermain game

Fitur

6 Emulator Android Paling Ringan Terbaik, Sudah Install?

Tantangan dengan memasang emulator game di PC adalah spek yang terkadang gak sesuai. Padahal lo dah gak sabar untuk nyobain game Android PC terbaru. AXE pilihin nih beberapa emulator Android paling ringan yang cocok untuk PC dengan spek rendah sekalipun.

Emulator game adalah solusi supaya lo bisa main game Android di PC. Masalahnya nih, beberapa emulator hanya bisa berjalan di komputer dengan spek tinggi. Tapi, lo nggak perlu bingung lagi, berikut ini adalah sederet rekomendasi emulator Android terbaik, sehingga lo tetap bisa main game di PC dengan spek rendah.

Bluestack

Link: https://www.youtube.com/watch?v=IThtoUbziQ0

Beberapa keunggulan yang dimiliki emulator ini bisa dikatakan menjadi alasan Bluestack direkomendasikan banyak orang. Keunggulan utamanya tentu saja interface yang mudah dimengerti dan dijalankan oleh penggunanya. Banyak juga yang memanfaatkannya untuk mencoba main Mobile Legends di PC.

Bluestack ini juga disebut-sebut sebagai emulator khusus untuk bermain game, apalagi ia juga compatible untuk memainkan banyak game terkenal. Emulator paling ringan ini berukuran sekitar 410MB dengan tuntutan spesifikasi komputer yang tidak begitu tinggi.

Nox

Link: https://www.youtube.com/watch?v=kB2koGRevTY

Serupa dengan Bluestack, interface emulator ini nggak kalah user friendly sehingga lo gak perlu banyak penyesuaian untuk menjalankannya. Fitur yang dimiliki juga lumayan lengkap dan bisa menjadi pilihan asik buat lo.

Lo bisa membuka banyak game dalam waktu yang bersamaan. Nox juga mendukung ragam pilihan kendali, mulai dari keyboard sampai gamepad.

Remix OS Player

Kalau operating system yang satu ini juga punya banyak penggemar, tapi banyak juga yang udah nggak pake lagi. Alasannya? Jide Technology sebagai developer udah nggak meneruskan pengembangannya lagi. Dengan kata lain, lo masih bisa pakai Remix OS Player tapi lo udah nggak bisa updates lagi seperti emulator lainnya. 

Padahal nih, banyak yang suka banget ama UI yang ditawarkan Remix karena menarik dan beragam. Emulator ini dirancang dengan dasar aplikasi Android Marshmallow, jadi kalau lo mau coba pakai karena penasaran, langsung download aja! Untuk lo yang masih pakai OS lama, seperti Android Kit Kat atau Lollipop, emulator ini pas banget.

Droid4x

Link: https://www.youtube.com/watch?v=GOi5cOvisHU

Namanya mungkin belum sepopuler Bluestack atau Nox, tapi Droid4x cukup ringan dan relatif stabil ketika digunakan.

Banyak reviewer yang menyebut salah satu emulator Android paling ringan ini lebih cocok digunakan untuk game dengan resolusi besar semacam shooting atau racing. Terlebih lagi dengan adanya fitur tambahan yang bisa membuat smartphone lo jadi alat kontrolnya.

Leapdroid

Link: https://www.youtube.com/watch?v=3l2RFX8C714

Dari sekian pendatang baru, Leapdroid termasuk salah satu yang bisa lo perhitungkan. Apalagi jika lo mau sedikit bersabar untuk mengoptimalkan fitur-fiturnya, emulator ini bisa berjalan lebih lancar dan stabil.

Walau belum secanggih Nox, Leapdroid bisa membuka dua game secara bersamaan, sehingga kegiatan game lo bisa makin seru.

Memu

Link: https://www.youtube.com/watch?v=XjvTTyz0Fe4

Namanya mungkin paling gak populer dibanding yang lain, namun Memu bisa disebut ‘kecil-kecil cabe rawit’. Banyak fitur yang membuatnya disebut demikian, mulai dari sidebar yang lengkap, mendukung berbagai jenis VGA (Baik Nvidia, Intel, AMD), sampai memungkinkan lo memilih sistem operasi Android yang digunakan. Oke gak, tuh?

Tencent Gaming Buddy

Oke, emulator yang satu ini bisa ngebantu lo banget kalau lo adalah penggemar game PUBG. Di beberapa negara, game ini di-banned dan lo mau nggak mau mesti pakai emulator. Karena dibawa oleh Tencent, game ini pun dibuatkan emulator khusus. Tencent pun memberi aturan baru, game ini bisa lo mainkan bareng player lain, asalkan mereka juga pakai emulator. Win-win solution lah.

Kalau liat dari aturan yang dirilis Tencent, spesifikasi PC atau laptop untuk nggak begitu ribet atau tinggi. Spesifikasi minimumnya adalah Windows 7, 8, 8.1, 10 (OS), Dual core Intel / AMD 1.8GHz (CPU), 3GB RAM,  9.0c (DirectX), dan HDD 1GB.

 

Nah, sudah gak ada alasan lagi kan untuk nggak bisa mainin game Android di PC. Kalau lo udah jago mainin semua game offline yang lo punya, sederet emulator paling ringan untuk PC atau laptop ini jawabannya. Yuk, di-install!